top of page

CARA BERMAIN WEREWOLF


Pada postingan sebelumnya sudah dibahas tentang apa itu Werewolf Game dan korelasinya dengan Teater, sekarang kita akan membahas teknisnya secara sederhana agar mudah dipahami. Ada 2 (dua) hal yang harus diperhatikan untuk memulai permainan, yang pertama adalah objek/ alat dan yang kedua adalah subjek/ pemain. Hal yang meliputi objek adalah Peraturan, Tempat, dan Kartu Werewolf, subjeknya berupa Pemain dan Moderator.


Permainan Werewolf terbagi menjadi 2 mode yaitu klasik dan kostum, perbedaannya terdapat pada jumlah Karakter yang digunakan. Untuk permainan mode klasik hanya dibutuhkan 3 Karakter yaitu Villager - Seer - Werewolf (disarankan untuk pemula), dan untuk mode kostum akan terdapat banyak karakter tambahan seperti Guardian - Hunter - The Gunner - Lovers - Tanner ,dll dengan berbagai macam keunikan skill yang dimiliki, permainan kostum biasanya dimainkan oleh pemain yang sudah pro.


Dalam satu putaran permainan Werewolf terbagi menjadi 2 sesi yaitu sesi siang dan sesi

malam, pada saat siang hari para pemain akan menjalankan peranyang sudah dipilih, sedangkan pada saat malam hari para pemain akan menjadi Alter Ego nya (karakter sesuai dengan kartu yang dimiliki). Terdapat 2 (dua) kubu dalam permainan Werewolf yaitu kubu baik dan kubu jahat, kemenangan akan ditentukan oleh siapa yang akan bertahan hidup sampai akhir putaran permaian.


Sebelum masuk ke dalam teknis permainan ada beberapa peraturan/ hal yang harus diperhatikan pemain dalam permainan Werewolf

, yaitu :


1. Para pemain harus menuruti dan menaati apa yang diarahkan oleh sang Moderator baik itu mengenai Deskripsi Cerita/ Waktu permainan


2. Pemain tidak boleh membongkar Alter Ego nya saat permainan berlangsung bagaimana pun caranya


3. Pemain tidak boleh mengintip ketika sesi malam sedang berlangsung (kecuali pemegang kartu spesial "Child")


4. Pemain harus bisa mengendalikan emosi secara pribadi kepada pemain lain, karena ini hanyalah sebuah permaian, dan apa yang dilakukan di dalam game hanyalah semata peran yang dipilih dan Alter Ego yang ditentukan.


Teknis Permainan Werewolf (Mode Klasik) :


1. Moderator membagikan kartu secara acak kepada para pemain dan para pemain mencek kartu masing-masing.


2. Pemain menentukan akan berperan sebagai apa, mulai dari nama dan jenis pekerjaan yang lakoni.


3. Moderator menyuruh para pemain untuk menutup mata dan mencek Alter Ego (kartu yang didapatkan) dari masing-masing pemain.


4. GAME START ! , Putaran pertama dimulai dengan sesi malam hari, moderator mulai memberikan deskripsi permainan dengan meberikan isu-isu mengenai sebuah desa yang akan diteror oleh werewolf. Moderator menyurus pemegang kartu Seer untuk membuka mata dan memilih kartu siapa yang akan diintip untuk mencari tahu keberadaan sang werewolf.


5. Pagi pun tiba, para pemain membuka mata dan mulai melakukan percakapan kepada para pemain lain dengan isu yang diberikan oleh moderator.


6. PUTARAN KE-2, malam pun tiba... para pemain kembali menutup mata, seperti pada malam sebelumnya moderator kembali memanggil SEER untuk menerawang kartu, dan pada putaran ke-2 ini WEREWOLF mulai beraksi dengan memangsa 1 warga yang artinya 1 pemain akan mati/ tereleminasi pada permaian.


7. Pagi pun tiba, para pemain akan terkejut salah satu pemain telah mati dan di sinilah pemecahan misteri dimulai, para pemain akan saling mengintrogasi pemain lain dan saling menuduh satu sama lain, sampai tiba saatnya JUDGEMENT TIME (Waktu penghakiman)


8. JUDGEMENT TIME merupakan salah satu momen yang sangat menentukan oleh warga untuk mengetahui siapa WEREWOLF diantara mereka, akan ada 1 warga yang akan tereksekusi berdasarkan hasil voting. bila warga berhasil mengeksekusi werewolf maka hal tersebut merupakan keuntungan, namun bila warga malah mengeksekusi warga biasa maka hal tersebut adalah kerugian, terlebih jika yang tereksekusi adalah seorang pemegang kartu spesial (SEER, GUARDIAN, HUNTER, GUNNER, dll)


9. PUTARAN BERIKUTNYA akan ditentukan pada putaran sebelumnya, jika pada putaran pertama warga berhasil menemukan werewolf, maka kubu baik menang, jika belum maka akan ada malam-malam berikutnya yang lebih mencekam, karena sang WEREWOLF akan melakukan aksinya kembali untuk memangsa dan menguasai desa.


Begitulah gambaran secara umum bermain Werewolf, sebenarnya banyak sekali referensi-referensi lain mengenai permainan werewolf yang bisa dipelajari di internet maupun buku-buku, bila sudah paham cobalah bermain bersama teman-teman. Selamat berteater sambil bermain Werewolf.


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page