top of page

LATIHAN TEATER DENGAN PERMAINAN WEREWOLF


Werewolf Game versi Sanggar Seni Demokrat

Salam Seni !

Teater dapat diartikan sebagai drama (kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas, disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis). Dalam berteater tentunya hal yang paling diperlukan oleh seorang aktor adalah keahlian yaitu memerankan tokoh yang telah ditentukan dalam naskah drama, untuk memerankan suatu tokoh/ peran dengan baik tentunya diperlukan beberapa latihan, terdapat berbagai macam metode latihan keaktoran, salah satunya yang sangat menyanangkan adalah dengan metode Werewolf.


Werewolf adalah sebuah permainan Mistery role play game yang dimainkan oleh beberapa orang pemain dengan menggunakan media kartu sebagai alatnya dan dipimpin oleh seorang moderator yang berfungsi sebagai pengatur jalannya permainan. kenapa Werewolf disebut Mistery role play game? karena tujuan dari permainan ini adalah mencari dan menemukan Werewolf/ Serigala jadi-jadian. Secara teknis permainan ini adalah permainan argumentasi untuk mengungkap identitas seseorang dengan membaca psikologis seseorang yang sedang memerankan perannya, karena permainan ini bersinggungan dengan hal pemeranan dan identitas, maka dari itu permainan ini sangat cocok untuk metode latihan teater dalam hal melatih keaktoran, yah meskipun tidak langsung merujuk kepada naskah drama, tetapi jika kita larut dalam permainan ini maka sebuah jalan cerita akan terbentuk dengan sendirinya, dan para pemain akan termasuk dalam dunia yang dibuat oleh argumentasi mereka sendiri.


Permainan Werewolf akan semakin hidup jika didukung dengan suasana yang dapat menciptakan kefokusan tingkat tinggi, contohnya pada saat malam hari dengan api unggun, atau di dalam ruangan gelap yang diterangi dengan cahaya lilin. Dan yang perlu diperhatikan adalah bagaimana permainan ini dapat berjalan dengan tidak mengganggu ketertiban, karena tidak menutup kemungkinan permaianan ini akan memicu perang mulut dengan berbagai macam emosi, maka dari itu pilihlah lokasi permainan yang sekiranya tidak mengganggu.


Untuk menciptakan permainan Werewolf yang berkualitas dibutuhkan peran moderator, jika dihubungkan dengan teater, sang moderator dalam permainan ini bisa diibaratkan sebagai surtadara, karena moderator berfungsi mengatur jalannya permainan, alur cerita, time keeper, sekaligus wasit, hal ini sangat cocok juga bagi kalian yang ingin berlatih menjadi sutradara.


Secara garis besar permaian ini erat hubungannya dengan teater/ drama sehingga sangat cocok digunakan dalam metode latihan keaktoran dan penyutradaraan (bagi meoderator). Kita akan membahas permainan Werewolf secara teknis pada postingan berikutnya, semoga postingan ini bermanfaat. Yuk main Werewolf.... Yuk berteater...














Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page